Kenampakan Alam dan Bentuk Pemerintahan Negara Myanmar (burma)



MYANMAR(BURMA)
1. Kenampakan Alam
Myanmar atau bisa disebut Burma
terletak di Asia Tenggara yang mempunyai
perbatasan dengan Bangladesh, India,
Laos, Cina, dan Thailand. Luas wilayahnya
cukup besar yaitu 676.577 km2.
Wilayah Myanmar berupa gunung-gunung
dengan rangkaian pegunungan raksasa. Di
bagian barat terdapat Hkakado Razi
setinggi 5.881 meter yang merupakan
puncak gunung tertinggi di Asia Tenggara.
Sebagian besar wilayah dataran rendah
adalah lembah dan delta Sungai Chirdwin
dan Irawadi. Sungai Irawadi adalah sungai
utama yang berhulu di Tibet. Peta di
samping adalah peta Myanmar, untuk
lebih jelasnya, bukalah atlas kalian!


                            
2. Bentuk Pemerintahan Myanmar
Bentuk pemerintahan negara Kamboja adalah kerajaan. Negara dipimpin oleh raja, sedangkan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Kamboja memiliki lima pemerintahan lokal

dengan ibu kota Phnom Penh. Kamboja pernah dijajah oleh Prancis, lalu merdeka pada 17 April 1953. Kamboja adalah negara yang sejak tahun 1970 dirundung malang, dan porak poranda karena kudeta. Pada tanggal 18 Maret 1970, sewaktu Pangeran Sihanouk pergi ke luar negeri, keponakannya Pangeran Sisowath Sirik Matak bersama Lon Nol melakukan kudeta. Semenjak itu kemelut semakin besar di negara Kamboja. Bahasa resmi penduduk Kamboja adalah bahasa Khmer. Bahasa lain yang digunakan adalah bahasa Prancis, sebagian besar penduduk beragama Buddha. Jumlah penduduk negara ini 11.168.000 jiwa. Sebagian besar penghidupan penduduknya di sektor pertanian. Hasil pertanian di Kamboja adalah beras, jagung, merica, tembakau, kapas, gula aren, dan lain sebagainya. Sedangkan hasil tambangnya adalah besi, tembaga, mangan, dan emas. Hasil industri Kamboja adalah tekstil, kertas, plywood, dan minyak.

3. Keadaan Sosial

Myanmar merupakan negara republik dengan kepala Negara seorang presiden, sedangkan kepala pemerintahan seorang perdana menteri. Myanmar merdeka pada 4 Januari 1948.


Myanmar memiliki tujuh negara bagian dan tujuh divisi. Ibu kota negara Myanmar adalah Yangoon. Penduduk di negara Myanmar berjumlah 45.611.000 jiwa. Bahasa resmi penduduk Myanmar adalah bahasa Myanmar. Bahasa lain adalah bahasa Inggris. Sebagian besar penduduk beragama Buddha. Myanmar merupakan negara yang cukup tinggi tingkat penghasilannya. Pendapatan per kapita nasionalnya mencapai sekitar US $ 750. Hasil pertanian di Myanmar adalah beras, gula pasir, jagung, dan kacang-kacangan. Sumber penghasilan lain dari sumber daya alam adalah minyak bumi, tembaga, perak, kaleng, dan batu-batuan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Anonymous
04 December, 2018 02:29 delete

Yeah that s awesome

Reply
avatar